Warung Internet

Para Penghafal al-Qur'an



Senin di bulan juni, seminggu menjelang ujian akhir tahun Universitas al-Azhar Cairo. Saat pagi, setelah maen basket bareng Ustadz Yusuf otomatis capek dan lapar. Akhirnya ane ama Ustadz Yusuf ngak langsung balik ke asrama, padahal jarak stadion olahraga sama asrama cuma nyebrang jalan doang. Kebetulan di sudut belakang stadion ada penjual sarapan pagi; roti iesh, fuul(bubur kacang merah), asinan timun dan tomat, terong rebus.
Itu semua standar makanan pokok masyarakat mesir. Kalo roti iesh ini, Roti yang terbuat dari gandum, sedangkan fuul ini sejenis kacang merah yang dibubur sampai halus atau ada juga yang kasar alias kacangnya masih utuh. Bubur kacang disini beda dengan bubur kacang kita di tanah air. Di kita, kalo denger yang namanya bubur kacang pasti rasanya manis. Nah kalo di sini rasanya asin atau tanpa rasa alias tanpa gula atau apapun.


Di sela coelan sarapan ies dan fuul tadi, ngak sengaja ane ngelihat ada seorang bapak-bapak berusia sekitar 35 atau lebih berdiri dengan sabar menjajakan roti yang kalo dilihat cuman sekitar sepuluh atau duapuluh potong doang. Roti punya bapak ini beda. Namanya fatiroh; bentuknya sama persis seperti roti iesh tadi, bulat lebar dan tipis mirip tutup kaleng cat(he..) Cuman roti ini manis. Dimakan langsung tanpa bubur kacang tadi pun bias. Biasanya roti ini ditaburi gula bubuk atau sele kalo dijual hangat ditempat pembuatannya. Beda lagi kalo sudah dijual diwarung-warung. Roti ini cuman dibungkus plastik tanpa taburan susu bubuk atau gula.

Dari tadi belum ada seorangpun yang mampir ke lapak bapak itu. Kalo untuk sarapan cocoknya memang roti iesh sama fuul tadi. Tapi ngak ada salahnya juga menjajakan fatiroh di pagi hari. Rizki Allah bukan hanya datang dengan sesuatu yang masuk akal tapi tidak terhingga dan tak terfikirkan.

"ente lapar cup?(seangkatan, jadi akrab manggil Ustadz Yusuf dengan panggilan ucup J ) keliatannya enak bagitu makannya"
"ngak lapar kok, cuman belum makan aja" jawabnya kalem
"halah. Sama aja lapar"
"hehe.."

Sepertinya ada anak kecil menghampiri bapak itu. Dari bajunya, sepertinya bukan anak orang yang kaya. Lusuh, kusut dan tak berstyle.Benar rupanya, ternyata anak kecil itu anak bapak penjual fatiroh. Rupanya dia hanya ingin menemani bapaknya menjajakan fatiroh. Terlihat akrab sekali bapak sama anak itu. Terlihat bercakap-cakap dan sesekali tersenyum dan tertawa kecil.

Dalam hati, ingin sekali berbagi rizki membeli fatirohnya.Tapi ane nggak bawa duit. Ini aja Ustadz Yusuf yang bayarin. Kalopun beli fatirohnya, sudah terlanjur lagi sarapan iesh. Ya Rabb Mudah-mudahan fatiroh bapak itu laku habis.

"cup, lihat deh bapak sama anak kecil itu" sambil nyengggol Ustadz Yusuf dengan siku, ane coba alihkan perhatian Ustadz Yusuf ke bapak itu
"kenapa?" tanya Ustadz Yusuf
"jualan rotinya cuman sedikit, belum ada yang mampir lagi. Tapi akrab banget anak sama bapak, keliatan santai begitu"
"ooh.. belum kali, baru juga jam berapa, ntar juga habis"
"iya seh,mudah-mudahan aja habis tuh fatiroh"
"ya rabb" Ustadz Yusuf mengamini

"eh cup si bapak malah pergi, jadwal shif anaknya kali yah, hehe.."
"bapaknya mau sholat duha dulu kali.." waduh. perasangka Ustadz Yusuf ternyata lebih bagus dari ane, hehe.. ah lagian juga tadi ane cuman becanda. Masa iya jualan fatiroh aja pake shif segala.

Orang mesir di sebelah ane ini lahap sekali makannya, mulainya padahal bareng ane ama Ustadz Yusuf, tapi piring dia udah kosong begitu. Kalo lihat orang mesir makan iesh, kayak liat orang seminggu ngak makan trus liat nemu daging, lahap sekali. Sempet kepikiran kenapa orang-orang mesir berbadan gemuk. Mungkin karena roti iesh itu tadi yang bikin mereka gemuk. Bayangin aja, roti gandum di kita dibikin sejenis kue atau biskuit dengan harga mahal. Akhirnya kita jarang sekali nemuin roti gandum, padahal gizinya bagus. Di sini beli roti gandum kayak beli kerupuk. Dimakan setiap hari dan setiap saat, pantas aja badan mereka gemuk. Apalagi porsi makan mereka banyak, dua kali porsi makan kita bahkan lebih.

Dapat kisah dari seorang temen yang pernah menjamu Syeikh Yusuf Qardhawi. Ketika melihat Syeikh Yusuf Qardhawi makan hamper dengan satu potong ayam utuh dia keheranan, kok makanya banyak begitu? Sambil becanda dia nanya sama syeikh. Ya syeikh, kenapa makannya banyak sekali, kami makan satu potong ayam bisa buat lima orang. Lalu dengan santai syeikh menjawab. Lah ini belum dikatakan banyak buat saya tapi cukup."
Jangan aneh, kenapa mereka kalo makan banyak sekali. Karena badan mereka juga besar jadi sangat mungkin kalo porsi makan mereka banyak.

Kata temen ane "orang mesir kalo makan pake perut, kalo kita makan pake lidah. Beda lagi sama orang barat, mereka makan pake otak". Orang mesir kalo makan pake perut, yang penting banyak ngak peduli ama rasa atau gizinya. Sampe detik ini, ane belum nemuin makanan mesir yang enak trus ampe ketagihan makannya. Kalo kita makan pake lidah, yang penting enak ya disantap sekalipun porsinya sedikit. Kalo orang barat makan pake otak, yang enak, yang bergizi, yang banyak ya disantap.

Subhanallah, anak bapak penjual fatiroh itu sambil baca al-qur'an. Anak kecil seusianya jarang-jarang nyempetin baca alqur'an apalagi sambil jualan nunggu daganganya.Dilihat dari mushafnya sepertinya dia membaca di pertengahan halaman alquran.
Di negri sendiri, bahkan anak pesantrenan pun jarang sekali nemuin anak seusianya nyempetin baca alqur'an kecuali di jam-jam waktu mengaji saja. Sisa waktunya habis untuk bermain.

"cup, lihat! keren kan ntuh anak. Nungguin dagangan sambil baca qur'an. Ngak kayak ente, gimana mau baca qur'an bawa quran aja lupa. Hehe.." sambil nyengir ane candain Ustadz Yusuf
"jiah.. enak aje. Ane mah baca qur'annya ngak pake bawa qur'an juga jadi, hohoho.."
"abisin ntuh ieshnya.."
"ngak ah kenyang, ente aja cup abisin"
"ya udah sini, sayang kan kalo ngak dimakan"

Badan ane emang kecil, jadi makannya sedikit. Kalo Ustadz Yusuf badanya gemuk jadi makannya banyak, jadi wajar ies punya ane pun ia embat juga.hehe..

"pulang yuk"
"ayok, ane udah siap dari tadi"

Sambil nunggu Ustadz Yusuf nghabisin ies punya ane tadi, pandangan ane ngak lepas dari anak kecil itu. Anak kecil itu sepertinya tidak cuman sedang baca qur'an tapi dia sedang menghafalnya juga. Dari tadi mulutnya komat-kamit baca quran tapi pandangannya kemana-mana tidak fokus melihat mushaf.

Setelah Ustadz Yusuf bayar sarapan. Ane ama Ustadz Yusuf pulang. ane ambil bola basket dibawah meja makan tadi dan Ustadz Yusuf langsung jalan pulang.
Ustadz Yusuf udah nyebrang duluan, ane sengaja berhenti dulu dilapak anak kecil itu. Penasaran, surat apa yang dia baca.

"enta btihfaz el-qur'an? " tanya ane ke anak kecil itu
"aiwa" jawabnya
"ya salam.. subhanallah, hafizta kam guz?"
"nush elquran insha allah"
"wallahi?!"
"alhamdulillah"
"subahanallah.. dilwati washolta suroh eh?"
"suroh elkahf"

Ane tanya ke anak kecil tadi "kamu lagi menghafal quran?" dia jawab "ia" trus ane tanya lagi ke dia "sudah hafal berapa juz?" dia jawab "setengah quran insha allah" sedikit untuk meyakinkan ane bilang "wallahi?" lalu dia jawab "alhamdulillah" terus ane tanya lagi "sekarang sudah sampe surat apa" dia jawab "surat alkahfi"

Subahanallah, seusia anak kecil ini yang kalo dilihat sekitar anak kelas 3 SD sudah menghafal setengah alquran. Dalam hati, sungguh ane malu sama anak kecil ini. Ane yang di usia anak kuliahan sampai sekarang belum tamat juga menghafal quran. Bahkan yang sudah dihafal pun belum tentu masih lancar.

"abu.. ayo buruan" teriak Ustadz Yusuf dari sebrang jalan
"iya bentar.."

Ane pengen ngetes anak kecil ini buat nerusin satu ayat saja dari surat kahfi, tapi Ustadz Yusuf udah teriak-teriak manggil. Ane pun segera nyebrang jalan nyusul Ustadz Yusuf yang udah duluan jalan.

"cup tau gak?"
"ngak"
"halah. Belum juga ngomong"
"lah ente ujug-ujug nanya tau apa ngak, emang apaan?"
"anak kecil tadi sudah hafal setengah qur'an"
"wah yang bener? keren sekali"

Sambil jalan ane sempetin nengok ke belakang ke anak kecil tadi. Rupanya dia masih sedang menghafal al-qur'an.


||"Allahummaj'alna min ahlilQur'an, allahumma nawwwir qulubana bil Qur'an"||

a.bakrs
Islamic mission city

Categories:

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
    make a gif
Diberdayakan oleh Blogger.